Kontribusi Aksiologi dalam Filsafat dan Ilmu Pengetahuan terhadap Solusi Masalah Etis di Era Modern
DOI:
https://doi.org/10.31539/kaganga.v7i2.12695Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran aksiologi dalam filsafat dan ilmu pengetahuan dalam mengatasi masalah kehidupan di era modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, mengumpulkan data dari berbagai literatur, termasuk buku, artikel jurnal, dan publikasi lainnya yang relevan dengan topik penelitian. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis konten untuk memahami kontribusi aksiologi dalam konteks sosial dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai aksiologi memberikan wawasan yang mendalam dan solusi praktis terhadap tantangan kehidupan di era modern. Dengan demikian, penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan interdisipliner, terutama filsafat dan ilmu pengetahuan dalam merumuskan solusi yang menghargai dan mempertimbangkan nilai-nilai kemanusiaan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Aksiologi dalam filsafat dan ilmu pengetahuan sebagai solusi terhadap masalah etis di era modern. Aksiologi membantu mengarahkan ilmu pengetahuan tidak untuk menemukan kebenaran faktual, tidak mempertimbangkan dampaknya terhadap kesejahteraan manusia, lingkungan, dan tatanan sosial.
Kata Kunci: Aksiologi, Filsafat dan Ilmu Pengetahuan, Solusi Etis.
References
Aldianti, S. F. S. (2024). Peran Filsafat dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Era Modern. Antropocene : Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 4(3), 90–96. https://doi.org/10.56393/antropocene.v4i3.2452
Angraini, F., & Alting, M. G. (2024). Mamba’ul ’Ulum, 20(1), 24–38. https://doi.org/10.54090/mu.384
Dharmawan, A. Z., Sagala, P. W., Harahap, S. H., & Arif, M. (2024). Hubungan Filsafat dengan Ilmu Pengetahuan dan Relevansinya di Era Revolusi Industri 4.0 (Society 5.0). ARIMA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(3), 84–98. https://doi.org/https://doi.org/10.62017/arima.v1i3.653
Dinihari, Y., Rahmat, A., & Rohman, S. (2023). Filsafat dan Ilmu Pengetahuan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Web. Prosiding Konferensi Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI, 148–161. https://doi.org/https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6309
Ediyono, S. (2023). Menuju Transformasi Sosial: Pemberdayaan Potensi dan Sumber Kesejahteraan melalui Pendekatan Ontologis, Epistemologis dan Aksiologis dalam Sistem Layanan dan Rujuan Terpadu di Kabupaten Tegal. Journal of Scientech Research and Development, 5(2), 84–97. https://doi.org/https://doi.org/10.56670/jsrd.v5i2.161
Elmanisar, V. (2024). Hubungan Filsafat Ilmu Terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 1(3), 538–548. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1682
Fadli, M. R. (2021). Hubungan Filsafat dengan Ilmu Pengetahuan dan Relevansinya di Era Revolusi Industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130–161. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/jf.42521
Halik, A. (2020). Ilmu Pendidikan Islam: Perspektif Ontologi, Epistemologi, Aksiologi. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 7(2). https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/500
Hamdani. (2019). Aksiologi Ilmu Pengetahuan Dan Keislaman. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 4(2), 25-45. Retrieved from https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/80
Hamizar, A. (2023). Pengaruh Faktor Sosial Dan Etika Dalam Perilaku Pengambilan Keputusan Investasi: Studi Kasus pada Investasi Keuangan Syariah. Amal: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1). https://doi.org/10.33477/eksy.v5i01.5478
Harriguna, T., & Wahyuningsih, T. (2021). Kemajuan Teknologi Modern untuk Kemanusiaan dan Memastikan Desain dengan Memanfaatkan Sumber Tradisional. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 2(1 Juni), 65–78. https://doi.org/10.34306/abdi.v2i1.448
Haryati, T. A. (2017). Kosmologi Jawa Sebagai Landasan Filosofis Etika Lingkungan. Religia, 20(2), 174–189. https://doi.org/10.28918/religia.v20i2.6797
Hasan, J. (2019). Aksiologi Ilmu Pengetahuan (Telaah Tentang Manfaat Ilmu Pengetahuan dalam Konteks Ilmu Dakwah). Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 3(1), 95–108. http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v3i1.4839
Hayatunnisa, H., Fejrin, J., Azizah, M. S. N., Ilham, M., Gastiadirrijal, W., Syahidin, S., & Parhan, M. (2024). Konsep Etika Dan Moralitas Sebagai Materi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(2), 77–84. https://doi.org/https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i2.765
He, C., He, S., Mu, E., & Peng, J. (2022). Environmental economic geography: Recent advances and innovative development. Geography and Sustainability, 3(2), 152–163. https://doi.org/10.1016/j.geosus.2022.05.002
Helmi, M. (2020). Pandangan Filosofis Dan Teologis Tentang Hakikat Ilmu Pengetahuan Sebagai Landasan Pendidikan Islam. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.18592/jtipai.v10i2.4311
Hidayat, R. (2024). Harmonisasi Pengetahuan: Menelusuri Interaksi Islam Dan Filsafat Dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan: Menelusuri Interaksi Islam Dan Filsafat Dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan. EL-FIKR: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 5(1), 37–53. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/el-fikr.v5i1.21680
Hosnan, M., & Warits, A. (2017). Aksiologi dalam Dimensi Filsafat Islam:(Kajian tentang Etika dan Estetika Ilmu Pengetahuan). Tafhim Al-’Ilmi, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.37459/tafhim.v9i2.2991
Imelda, A. (2018). Implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227–247. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128
Insani, G. N., Khoirunnisa, S. C., & Herlambang, Y. T. (2023). Teknologi dan Manusia: Tinjauan Dalam Perspektif Filsafat Etika. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2), 49–65. https://doi.org/https://doi.org/10.62007/joumi.v1i2.233
Jones, M. (2022). For a ‘new new regional geography’: plastic regions and more-than-relational regionality. Geografiska Annaler: Series B, Human Geography, 104(1), 43–58. https://doi.org/10.1080/04353684.2022.2028575
Karisna, N. N. (2022). Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi dalam Perspektif Filsafat Ilmu Dakwah di Era Komunikasi Digital. JISAP Journal of Islamic Communication and Broadcasting, 2(1), 66–81. https://doi.org/https://doi.org/10.53515/jisab.v2i1.17
Kusnadi, E., Martini, E., & Mahmud, M. (2018). Strengthening the Political Ethics of Pancasila in Making Good Governance. Annual Civic Education Conference (ACEC 2018), 655–659. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.147
Lisan, F. M. F., & El-Yunusi, M. Y. M. (2024). Aksiologi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Islam dan Barat: Pemahaman Aksiologi, Pendidikan islam, dan tinjauan dari segi islam dan barat. El-Darisa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 113–121. Retrieved from https://ejournal.staihwduri.ac.id/index.php/eldarisa/article/view/68
Maksum, A. (2023). Filsafat Ilmu Sosial (Pertama). Universitas Brawijaya Press. Surabaya
Minhaji, A. (2022). Ilmu dan Bebas Nilai Dalam Studi Islam. Mukaddimah: Jurnal Studi Islam, 3(1), 53–80. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/mukaddimah/article/view/2747
Muhibuddin, M. (2022). Gagasan Islamisasi Ilmu Pengetahuan: Syed Muhammad Naquib Al-Attas Dan Intelektual Muslim Indonesia. At-Tafkir, 15(2), 184–201. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/at.v15i2.4672
Muin, I. (2023). Perlindungan Data Pribadi Dalam Platform E-Commerce Guna Peningkatan Pembangunan Ekonomi Digital Indonesia. Journal Law And Justice, 1(2). Retrieved from https://jurnalilmiah.co.id/index.php/MJPJLJ/article/view/30
Mujib, A. (2019). Hakekat Ilmu Pengetahuan dalam Persfektif Islam. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 4(01), 44–59. https://e-journal.metrouniv.ac.id/riayah/article/view/1504
Munip, A. (2024). Ilmu dalam Tinjauan Filsafat: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 10(1), 49–58. https://doi.org/10.46963/aulia.v10i1.1875
Nuzulah, F., Yadri, M., & Fitria, L. (2017). Aksiologi Pendidikan Menurut Macam-Macam Filsafat Dunia (Idealisme, Realisme, Pragmatisme, Eksistensialisme). Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. http://eprints.umsida.ac.id/573/
Octaviana, D. R., & Ramadhani, R. A. (2021). HAKIKAT MANUSIA: Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama. Jurnal Tawadhu, 5(2), 143–159. https://doi.org/10.52802/twd.v5i2.227
Parhan, M., Jenuri, J., & Islamy, M. R. F. (2021). Media Sosial dan Fenomena Hoax: Tinjauan Islam dalam Etika Bekomunikas. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 59–80. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/cjik.v5i1.12887
Ritaudin, M. S. (2015). Mengenal Filsafat dan Karakteristiknya. Kalam, 9(1), 127–144. https://dx.doi.org/10.24042/klm.v9i1.324
Rofiq, M. (2018). Peranan Filsafat Ilmu Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 9(1), 161-175. https://doi.org/10.36835/falasifa.v9i1.112
Rokhmah, D. . (2021). Ilmu dalam Tinjauan Filsafat: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 172–186. Retrieved from https://ejurnal.staiha.ac.id/index.php/cendekia/article/view/124
Rosnawati, R., Syukri, A. S. A., Badarussyamsi, B., & Rizki, A. F. R. A. F. (2021). Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Manfaatnya bagi Manusia. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 186–194. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jfi.v4i2.35975
Sianturi, M. (2023). Filsafat dan Pengetahuan Modern (Pertama). Pusat Karir dan Riset STIE Mulia Pratama. Bekasi
Simangunsong, Y. I. R., Panggabean, S., & Bangun, K. (2022). Analisis Nilai-Nilai Estetika, Etika, dan Karakter dalam Novel Ladang Perminus Karya Ramadhan KH. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16477–16491. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.5098
Simanjuntak, R. M., Nurfatanah, N., & Hanum, F. (2024). Peranan Filsafat Pada Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Angkatan 3 (Kajian Ontologi, Epistomologi, dan Aksiologi). Jurnal Suluh Pendidikan, 12(2), 148–158. https://doi.org/https://doi.org/10.36655/jsp.v12i2.1612
Soelaiman, D. A., & Putra, R. S. (2019). Filsafat Ilmu Pengetahuan Perspektif Barat dan Islam. Filsafat Ilmu Pengetahuan Perspektif Barat Dan Islam. Bandar Publishing. Aceh
Sundaro, H. (2022). Positivisme Dan Post Positivisme: Refleksi Atas Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Perencanaan Kota Dalam Tinjauan Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian. Modul, 22(1), 21–30. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/mdl.22.1.2022.21-30
Syakiroh, I., & Rifki, M. (2024). Komponen Ilmu Pengetahuan Ontologi, Epistemologi, Aksiologi dalam Kehidupan Sehari-hari. Perspektif Agama Dan Identitas, 9(1). https://ojs.co.id/1/index.php/pai/article/view/661
Ugwitz, P., Juřík, V., Herman, L., Stachoň, Z., Kubíček, P., & Šašinka, Č. (2019). Spatial Analysis of Navigation in Virtual Geographic Environments. Applied Sciences, 9(9), 1873. https://doi.org/10.3390/app9091873
Umar, M. A., & Siregar, F. A. (2022). Intergrasi Ilmu: Basis Filosofis Hukum dan Implikasinya terhadap Filsafat Pendidikan. Al Mabhats: Jurnal Penelitian Sosial Agama, 7(1), 33–50. https://doi.org/https://doi.org/10.47766/almabhats.v7i1.1042
Wilujeng, S. R. (2014). Ilmu Dalam Perspektif Filsafat (Suatu Upaya Mengembalikan Ilmu Pada Hakikatnya). HUMANIKA, 20(2), 93–102. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/humanika.20.2.93-102
Yuanatz, N. R. (2024). Analisis Filsafat dalam Proses Berpikir Manusia: Peran Berpikir Kritis dalam Kehidupan. Antropocene: Jurnal Penelitian Ilmu Humaniora, 4(2), 32–36. https://doi.org/https://doi.org/10.56393/antropocene.v4i2.2442
Yudhanegara, F., Arifuddin, Q., Muhtar, M. H., Yani, M. A., Amalia, M., Judijanto, L., & HR, M. A. (2024). Pengantar Filsafat Hukum: Sebuah Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi Ilmu Hukum. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. Jambi