PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM E-COMMERCE PENJUALAN BAHAN-BAHAN KIMIA PADA TOKO MERDEKA

Authors

  • Nathasya Kristianti Ferdiana Universitas Tarumanagara
  • Jap Tji Beng Universitas Tarumanagara
  • Novario Jaya Perdana Universitas Tarumanagara
  • Valencia Valencia Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.31539/kb7r5x11

Abstract

Toko Merdeka Kimia menyediakan bahan-bahan kimia untuk UMKM seperti usaha laundry, perawatan kendaraan, dan industri lainya. Sampai saat ini, Toko Merdeka Kimia masih menggunakan penjualan dengan cara manual dengan menggunakan aplikasi whatsapp atau langsung berkunjung ke toko. Maka dari itu, proyek ini memiliki tujuan untuk melakukan perancangan dan mengimplementasikan sistem e-commerce berbasis web pada Toko Merdeka Kimia. Sistem ini dirancang agar mempermudah transaksi penjualan, mempermudah pelanggan untuk mengakses informasi produk, dan memonitor transaksi. Pengembangan sistem aplikasi ini menggunakan metodologi SDLC Waterfall yang meliputi analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Fitur utama dari aplikasi ini adalah sistem pemesanan dan halaman admin. Dengan mengimplementasikan sistem e-commerce ini, efisiensi dalam mengolah transaksi meningkat dan dapat memperluas jangkauan pasar dari Toko Merdeka Kimia. Aplikasi ini diharapkan dapat membatu Toko Merdeka Kimia dapat bersaing lenih baik di pasar yang kompetitif dan juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Kata Kunci: Kimia, Waterfall, E-commerce, Sistem, Pelanggan

References

Koe , W.-L., & Afiqah Sakir, N. (2020). The Motivation to Adopt E-commerce Among Malaysian Entrepreneurs. Organizations and Markets in Emerging Economies, 11(1), 189-202. https://doi.org/10.15388/omee.2020.11.30

Abdul Gaffar Khan. (2016). Electronic Commerce: A Study on Benefits and Challenges in an Emerging Economy. Global Journal of Management and Business Research, 16(B1), 19–22. Retrieved from https://journalofbusiness.org/index.php/GJMBR/article/view/1901

Kinda, M. T. (2019). E-commerce as a potential new engine for growth in Asia. International Monetary Fund.

Husodo, A. Y., & Al Anshary, F. M. (2023). The design of e-commerce system to increase sales productivity of home industry in Indonesia. International Journal on Informatics Visualization.

Al-Tit, A. A. (2020). E-commerce drivers and barriers and their impact on e-customer loyalty in small and medium-sized enterprises (SMEs). Business: Theory and Practice, 21(1), 164–176.

Han, H., Perdana, N. J., & Beng, J. T. (2024). Pembuatan aplikasi point of sale pada toko penjualan alat-alat bangunan. Computatio: Journal of Computer Science and Information Systems, 8(2), 221–228.

Soejono, Setyanto, & Sofyan. (2018). Pengembangan frontend e-commerce berbasis mobile web pada koperasi KIKA. INFOTECH Journal, 9(2), 319–330.

Naidu, N. D., Adarsh, P., Reddy, S., Raju, G., Sai Kiran, U., & Sharma, V. (2021). E-commerce web application by using MERN technology. International Journal for Modern Trends in Science and Technology, 7(1), 1–5.

Anggie, A. Y., Beng, J. T., & Wasino. (2023). Perancangan aplikasi berbasis web untuk pemesanan produk eksterior dan interior pada bengkel las Krisna. Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi, 11(1). https://doi.org/10.24912/jiksi.v11i1.24087

Margatan, N., & Perdana, N. J. (2023). Perancangan aplikasi penjualan paket wisata berbasis web pada PT Fajar Buana Tour. Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi, 11(1). https://doi.org/10.24912/jiksi.v11i1.24104

Bassil, Y. A. (2012). A simulation model for the waterfall software development life cycle. arXiv:1205.6904.

Saravanos, A., & Curinga, M. X. (2023). Simulating the software development lifecycle: The Waterfall model. Applied System Innovation, 6(6). https://doi.org/10.3390/asi6060108

Downloads

Published

2025-11-16