PERANCANGAN SISTEM DASHBOARD PENJUALAN BERBASIS WEB UNTUK MONITORING KINERJA PENJUALAN PRODUK BUBBLE WRAP

Authors

  • Melinda Gloria Universitas Tarumanagara
  • Jap Tji Beng Universitas Tarumanagara
  • Wasino Wasino Universitas Tarumanagara
  • Rahmiyana Nurkholiza Universitas Tarumanagara
  • Khallifa Mubarak Armando Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.31539/3dxhr367

Abstract

PT GMP Sukses Makmur Indonesia, sebagai produsen bubble wrap, menghadapi kendala dalam mengintegrasikan data penjualan dari cabang offline dan platform e-commerce, sehingga proses analisis kinerja penjualan menjadi tidak efisien dan berpotensi menimbulkan duplikasi data. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dashboard penjualan yang mampu menyajikan data penjualan secara terintegrasi, real-time, dan interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Nine-Step Methodology dari Kimball dalam mebangun data warehouse, proses ETL (Extract, Transform, Load) untuk pengolahan data, metode prototyping untuk perancangan dashboard serta visualisasi data menggunakan Power BI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dashboard mampu menyajikan indikator kinerja utama (Key Performance Indicators), serta tren penjualan berdasarkan kategori dan waktu. Sistem ini berguna untuk mempermudah manajemen dalam melakukan analisis data penjualan, meningkatkan efisiensi pelaporan, serta mendukung pengambilan keputusan berbasis data.

Kata kunci: Dashboard, Power BI, Monitoring, Penjualan

References

Akbar, R., Silvana, M., Hersyah, M. H., & Jannah, M. (2020). Implementation of Business Intelligence for Sales Data Management Using Interactive Dashboard Visualization in XYZ Stores. International Conference on Information Technology Systems and Innovation (ICITSI). https://doi.org/10.1109/ICITSI50517.2020.9264984

Alfeno, S., Sutrisno, & Soleman, M. D. (2020). Implementasi Dashboard Informasi Sistem Sebagai Model Alat Ukur Tingkat Penjualan PT Sumber Sekar Sejahtera. JURNAL SISFOTEK GLOBA, 10(1), 8–12.

Beng, J. T., Krishnaraga, V., Nurkholiza, R., Michellen, K., Angela, O., Salsabila, T. M., & Tiatri, S. (2023). Perception Towards Information Systems Study in Teachers and Principals of Vocational High Schools. International Journal of Application on Social Science and Humanities, 1(3), 9–20. https://doi.org/10.24912/ijassh.v1i3.27417

Chanda, D. (2024). Automated ETL Pipelines for Modern Data Warehousing: Architectures, Challenges, and Emerging Solutions. The Eastasouth Journal of Information System and Computer Science, 1(03), 209–212. https://doi.org/10.58812/esiscs.v1i03.523

Desamsetti, H. (2020). Relational Database Management Systems in Business and Organization Strategies. Global Disclosure of Economics and Business, 9(2), 151–162. https://doi.org/10.18034/gdeb.v9i2.700

Inmon, W. H. (2024). Building the Data Warehouse Third Edition. In Visual Studio Extensibility Development. https://doi.org/10.1007/978-1-4842-9875-6

Kimball, R., & Ross, M. (2013). The Data Warehouse Toolkit (Vol. 17). Kimball Group. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://ia801609.us.archive.org/14/items/the-data-warehouse-toolkit-kimball/The Data Warehouse Toolkit - Kimball.pdf

S.Pressman, R. (2000). Software Engineering: A Practitioner’s Approach 7th Edition. https://doi.org/10.1145/336512.336521

Santosh, K. S. (2022). ETL Process Automation: Tools and Techniques. ESP Journal of Engineering & Technology Advancements, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.56472/25832646/JETA-V2I1P110

Wasino., & Beng, J. T. (2017). SISTEM INFORMASI DESTINASI WISATA PROVINSI JAWA TENGAH : Abstrak. Journal of Computer Science and Information Systems, 2(2), 144–155. www.pesonajawa.com,

Downloads

Published

2025-11-16