PERANCANGAN SISTEM DASHBOARD PENJUALAN BERBASIS WEB UNTUK MONITORING KINERJA PENJUALAN PRODUK BUBBLE WRAP
DOI:
https://doi.org/10.31539/3dxhr367Abstract
PT GMP Sukses Makmur Indonesia, sebagai produsen bubble wrap, menghadapi kendala dalam mengintegrasikan data penjualan dari cabang offline dan platform e-commerce, sehingga proses analisis kinerja penjualan menjadi tidak efisien dan berpotensi menimbulkan duplikasi data. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dashboard penjualan yang mampu menyajikan data penjualan secara terintegrasi, real-time, dan interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Nine-Step Methodology dari Kimball dalam mebangun data warehouse, proses ETL (Extract, Transform, Load) untuk pengolahan data, metode prototyping untuk perancangan dashboard serta visualisasi data menggunakan Power BI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dashboard mampu menyajikan indikator kinerja utama (Key Performance Indicators), serta tren penjualan berdasarkan kategori dan waktu. Sistem ini berguna untuk mempermudah manajemen dalam melakukan analisis data penjualan, meningkatkan efisiensi pelaporan, serta mendukung pengambilan keputusan berbasis data.
Kata kunci: Dashboard, Power BI, Monitoring, Penjualan
References
Akbar, R., Silvana, M., Hersyah, M. H., & Jannah, M. (2020). Implementation of Business Intelligence for Sales Data Management Using Interactive Dashboard Visualization in XYZ Stores. International Conference on Information Technology Systems and Innovation (ICITSI). https://doi.org/10.1109/ICITSI50517.2020.9264984
Alfeno, S., Sutrisno, & Soleman, M. D. (2020). Implementasi Dashboard Informasi Sistem Sebagai Model Alat Ukur Tingkat Penjualan PT Sumber Sekar Sejahtera. JURNAL SISFOTEK GLOBA, 10(1), 8–12.
Beng, J. T., Krishnaraga, V., Nurkholiza, R., Michellen, K., Angela, O., Salsabila, T. M., & Tiatri, S. (2023). Perception Towards Information Systems Study in Teachers and Principals of Vocational High Schools. International Journal of Application on Social Science and Humanities, 1(3), 9–20. https://doi.org/10.24912/ijassh.v1i3.27417
Chanda, D. (2024). Automated ETL Pipelines for Modern Data Warehousing: Architectures, Challenges, and Emerging Solutions. The Eastasouth Journal of Information System and Computer Science, 1(03), 209–212. https://doi.org/10.58812/esiscs.v1i03.523
Desamsetti, H. (2020). Relational Database Management Systems in Business and Organization Strategies. Global Disclosure of Economics and Business, 9(2), 151–162. https://doi.org/10.18034/gdeb.v9i2.700
Inmon, W. H. (2024). Building the Data Warehouse Third Edition. In Visual Studio Extensibility Development. https://doi.org/10.1007/978-1-4842-9875-6
Kimball, R., & Ross, M. (2013). The Data Warehouse Toolkit (Vol. 17). Kimball Group. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://ia801609.us.archive.org/14/items/the-data-warehouse-toolkit-kimball/The Data Warehouse Toolkit - Kimball.pdf
S.Pressman, R. (2000). Software Engineering: A Practitioner’s Approach 7th Edition. https://doi.org/10.1145/336512.336521
Santosh, K. S. (2022). ETL Process Automation: Tools and Techniques. ESP Journal of Engineering & Technology Advancements, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.56472/25832646/JETA-V2I1P110
Wasino., & Beng, J. T. (2017). SISTEM INFORMASI DESTINASI WISATA PROVINSI JAWA TENGAH : Abstrak. Journal of Computer Science and Information Systems, 2(2), 144–155. www.pesonajawa.com,
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Melinda Gloria, Jap Tji Beng, Wasino Wasino, Rahmiyana Nurkholiza, Khallifa Mubarak Armando

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

