Pengembangan Model Analisis Sentimen Berbasis Naïve Bayes Terhadap Isu Kepemimpinan Presiden Prabowo Di Tiktok

Authors

  • Kiki Setiawan Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika
  • Kevin Jonathan Apriyanto Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Cipta Karya Informatika

DOI:

https://doi.org/10.31539/9dycmf54

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya intensitas diskusi publik di media sosial, khususnya TikTok, mengenai kepemimpinan Presiden terpilih Prabowo Subianto pasca Pemilu 2024. Isu-isu politik yang berkembang menimbulkan beragam opini dan sentimen masyarakat yang tersebar dalam bentuk komentar video. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model analisis sentimen berbasis algoritma Naïve Bayes untuk mengkaji persepsi publik terhadap kepemimpinan Presiden Prabowo melalui komentar di TikTok. Obyek penelitian adalah data komentar pengguna TikTok yang diperoleh melalui metode scraping menggunakan bahasa pemrograman Python, dengan kata kunci yang relevan terhadap isu kepemimpinan Prabowo. Data kemudian diolah melalui tahapan pre-processing seperti Case Folding, tokenisasi, stopword removal, dan Stemming. Proses klasifikasi dilakukan dengan algoritma Naïve Bayes dan evaluasi performa model dilakukan menggunakan Confusion Matrix dengan metrik akurasi, presisi, recall, dan F1-score. Hasil analisis menunjukkan bahwa model mampu mengklasifikasikan sentimen dengan tingkat akurasi mencapai 54%, dengan sentimen negatif mendominasi sebesar 46,3%, sedangkan sentimen positif sebesar 32,1% serta sentimen netral sebesar 21,6%. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa isu kepemimpinan Presiden Prabowo di TikTok cenderung memperoleh respons negatif dari publik. Implikasi dari hasil ini menunjukkan pentingnya pemantauan opini publik di media sosial sebagai alat ukur persepsi masyarakat. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan model lanjutan dengan algoritma pembelajaran mesin lain seperti SVM atau Random Forest untuk peningkatan akurasi.

References

Aisyah Nur Fauziah (2023). Analisis Sentimen Menggunakan Naïve Bayes Classifier Dan InSet Lexicon Pada Twitter (Studi Kasus: Mie Gacoan). Skripsi Fakultas Saint Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2023. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/76248.

Alfandi Safira, Firman Noor Hasan (2023). Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Paylater Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. Jurnal Sitem Informasi Vol. 5 No. 1 2023, https://doi.org/10.31849/zn.v5i1.12856.

Andika Prayoga Siswono, Syahrul Fauzi, Aliefino Zalva Surya Hermawan, Arif Riyandi (2024). Analisis Sentimen Pelantikan Presiden Indonesia 2024 Menggunakan Model Klasifikasi dan Algoritma Naïve Bayes. Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Vol. 4, No. 1, PP.1024-1035, Dec 2024. https://conferences.ittelkom-pwt.ac.id/index.php/centive/article/download/351/306/.

Angga Pebdika, Ruli Herdiana, Dodi Solihudin (2023). Klasifikasi Menggunakan Metode Naïve Bayes Untuk Menentukan Calon Penerima PIP. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, Vol. 7 No. 1, Februari 2023, https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.6303.

Bertnaldy Christo Sidupa & Christine Dewi (2025). Sentimen Analisis Terhadap Aplikasi TikTok Menggunakan Support Vector Classification. Jurnal MNEMONIC Vol 8 No 1, Februari 2025, https://doi.org/10.36040/mnemonic.v8i1.12635.

Christian Sri Kusuma Aditya & Asfa Maghfiratunnisa (2025). Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Konten Bahasa Isyarat Pada Media Sosial TikTok Menggunakan RNN dan BERT. REPOSITOR, Vol. 7, No. 2, Mei 2025, Pp. 143-156, https://doi.org/10.22219/repositor.v7i2.33615.

Deden Syarif Hidayat, Odi Nurdiawan, Fadhil M.Basysyar, Muhamad Sulaeman (2025). Peningkatan Model Analisis Sentimen Melalui Algoritma Naïve Bayes Berdasarkan Data Komentar YouTube. Jurnal Manajemen Informatika & Sistem Informasi, Volume 8, Nomor 1, Januari 2025, https://doi.org/10.36595/misi.v8i1.1413.

Dianati Duei Putri, Gigih Forda Nama, Wahyu Eko Sulistiono (2022). Analisis Sentimen Kinerja Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Pada Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan Vol. 10 No. 1, Januari 2022, https://doi.org/10.23960/jitet.v10i1.2262.

Dina Audina, Ade Irma Purnamasari, Agus Bahtiar, Edi Tohidi (2025). Peningkatan Model Klasifikasi Sentimen Pengguna Aplikasi Tomoro Coffe Menggunakan Algoritma Naïve Bayes. Jurnal Informatika & Rekayasa Elektronika) Volume 8, No. 1, April 2025, https://e journal.stmiklombok.ac.id/index.php/jire/article/view/1529.

Fadiah Nur Salsabilla, Arita Witanti (2025). Analisis Sentimen Akhir Masa Jabatan Presiden Jokowi Pada Media Sosial X Menggunakan Naïve Bayes. Sistem Komputer dan Teknik Informatika Volume 8, Nomor 1, Januari 2025, Halaman 106-115. https://doi.org/10.36080/skanika.v8i1.333.

Fazrin Meila Azzahra Sofyan, Nina Sulistiyowati, Apriade Voutama (2024). Analisis Sentimen Terhadap Respon Perubahan Nama Twitter Menjadi “X” Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika Vol. 8 No. 5, Oktober 2024, https://doi.org/10.36040/jati.v8i5.10720.

Febby Triani Mauboi (2024). Analisis Sentimen Masyarat Terhadap Penutupan TikTok Shop Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. Skripsi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Teknologi Digital Indonesia Yogyakarta. https://eprints.utdi.ac.id/10492/.

Indonesia Political Opinion (IPO) (2025). Analisa Sosial: Persepsi Publik atas Optimisme dan Kinerja Pemerintah, Periode 22-28 Mei 2025. https://ipo.or.id/hasil-survei-indonesia-political-opinion-ipo-analisa-sosial-persepsi-publik-atas-optimisme-dan-kinerja-pemerintah-periode-22-28-mei-2025/.

Jonathan Kiwasi Wororomi, Felix Reba, Samuel Aleksander Mandowen, Alvian M. Sroyer, Halomoan Edy Manurung, Mayko Edison Koibur, Erna Hudianti Pujiarini, Marwan Ramdhany Edy, Hajiar Yuliana, Mukarramah Yusuf, Riadi Marta Dinata (2024). Buku Data Mining (Memahami Pola Dibalik Angka). http://repository.istn.ac.id/11468/1/24-06-37-EBOOK-Data%20Mining%20%28Memahami%20Pola%20di%20Balik%20Angka%29.pdf.

Maharani Nirmala Dewi, Ricky Eka Putra (2023). Pengembangan Sistem Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Chatgpt Pada Twitter Dengan Perbandingan Metode Naïve Bayes Classifier Dan K-Nearest Neighbors. Journal of Informatics and Computer Science Volume 05 Nomor 03, 2023, https://doi.org/10.26740/jinacs.v5n03.p344-357.

Muhammad Bramadya Ryanizar (2023). Analisis Sentimen Pada Media Sosial Twitter Terhadap Produk Mixue Dengan Metode Naïve Bayes Classifier Dan Support Vector Machine (SVM). Skripsi Fakultas Saint Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2023. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/76403.

M. Reza Faisal, Dwi Kartini, Ahmad Rusadi Arrahimi, Triando Hamonangan Saragih (2022). Buku Belajar Data Science Text Mining Untuk Pemula I. https://www.researchgate.net/publication/359619425_Belajar_Data_Science_Text_Mining_Untuk_Pemula_I.

Muhammad Thaariq Razaq, Dade Nurjanah, Hani Nurrahmi (2023). Analisis Sentimen Review Film Menggunakan Naïve Bayes Classifier Dengan Fitur TF-IDF. e-Proceeding of Engineering : Vol.10, No.2 April 2023, https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/19997.

Muttaqin, Wahyu Wijaya Widiyanto, Muhammad Munsarif, Green Ferry Mandias, Stenly Richard Pungus, Agung Widarman, Wiranti Kusuma Hapsari, Siska Aprilia Hardiyanti, Aslam Fatkhudin, Pasnur, Eva Firdayanti Bisono, Mochammad Anshori, Suryani, Nurirwan Saputra (2023). Buku Pengenalan Data Mining. https://repository.upy.ac.id/4946/1/FullBook%20Pengenalan%20Data%20Mining.pdf.

Natt Leelawata, Sirawit Jariyapongpaiboon, Arnon Promjun, Samit Boonyarak, Kumpol Saengtabtim, Ampan Laosunthara, Alfan Kurnia Yudha, Jing Tang. (2022). Twitter data sentiment analysis of tourism in Thailand during the COVID-19 pandemic using machine learning. Heliyon 8 (2022) e10894. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e10894.

Nur Apriliani, Nana Suarna, Willy Prihartono (2023). Analisis Sentimen Review Penggunaan TikTok Melalui Pendekatan Algoritma Naïve Bayes. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika Vol. 7 No. 6, Desember 2023. https://doi.org/10.36040/jati.v7i6.8299.

Prastyadi Wibawa Rahayu, I Gede Iwan Sudipa, Suryani, Arie Surachman, Achmad Ridwan, I Gede Mahendra Darmawiguna, Ir. Muh. Nurtanzis Sutoyo, Isnandar Slamet, Sitti Harlina, I Made Dendi Maysanjaya (2024). Buku Ajar Data Mining. https://www.researchgate.net/publication/377415198_BUKU_AJAR_DATA_MINING.

Putri Nurrahmah Wear, Nasruddin bin Idris, Isa Rosita (2024). Analisis Sentimen Terhadap Hasil Pilpres 2024 Pada Aplikasi TikTok dan X Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier. Jurnal Ilmiah Informatika Mulia Volume 1 Nomor 2 2024. https://journal.universitasmulia.ac.id/index.php/sarjana/article/view/910.

Qianwen Ariel Xu,Victor Chang, Chrisina Jayne (2022). A Systematic Review Of Social Media-Based Sentiment Analysis: Emerging Trends And Challenges. Decision Analytics Journal 3(2022) 100073, https://doi.org/10.1016/j.dajour.2022.100073.

Rendi Tri Yuniyarwan, Sopingi, Sundari (2024). Pengembangan Sistem Analisis Sentimen Warung Makan Metode Naïve Bayes Berdasarkan Ulasan Google Maps. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Vol 13, No. 3, Desember 2024, https://doi.org/10.35889/jutisi.v13i3.2058.

Rudy Yohanes Liemawan (2023). Pengembangan Aplikasi Analisis Sentimen Terhadap Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Jurnal Mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis Volume 9, No. 2, Juni 2023, http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisiana/article/view/755.

Salsabila Azzahra’ Zulfa Kusuma, Dian Eka Ratnawati, Nanang Yudi Setiawan (2025). Analisis Sentimen Pengguna Sosial Media Twitter/X Terhadap Acara Clash Of Champions Menggunakan Metode Multinomial Naïve Bayes. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Vol. 9, No. 3, Maret 2025. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14540.

Shazifa Azhari, Nining Rahaningsih, Raditya Danar Dana, Mulyawan (2025). Peningkatan Akurasi Analisis Sentimen Pada Aplikasi Loklok Dengan Metode Naïve Bayes. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, Vol. 13 No. 1, https://doi.org/10.23960/jitet.v13i1.5848.

We Are Social (2025). Digital Indonesia 2025. https://wearesocial.com/id/blog/2025/02/digital-2025/.

Yulian Findawati, Muhammad Alfan Rosid (2020). Buku Ajar Text Mining. https://press.umsida.ac.id/index.php/umsidapress/article/view/978-623-6833-19-3/77

Downloads

Published

2025-08-30