Perancangan Desain UI & UX Aplikasi Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Design Thinking Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Mie Ayam Mas Legid
DOI:
https://doi.org/10.31539/intecoms.v8i3.15490Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) untuk aplikasi pemesanan online pada usaha kuliner Mie Ayam Mas Legid dengan menggunakan metode Design Thinking. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, keberadaan platform aplikasi pemesanan online ini menjadi semakin penting untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan produk, khususnya di sektor kuliner. Metode Design Thinking yang meliputi lima tahap empathize, define, ideate, prototype, dan test,digunakan untuk memahami kebutuhan pengguna dan menciptakan solusi yang efektif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain UI/UX yang intuitif dan menarik tidak hanya memenuhi ekspektasi para pengguna dalam hal navigasi, tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan saat melakukan transaksi pemesanan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan aplikasi pemesanan online untuk UMKM di Indonesia.
References
Alfiansyah, M. I., & Junianto, M. B. S. (2023). Pengembangan Aplikasi E-Commerce Menggunakan Metode Web Information System Development Methodology (Studi Kasus: Jaks Store.Id). Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.35957/jtsi.v4i1.2929
Alif, S., Nasution, P., Wulandari, H., & Arista, R. D. (2024). Perancangan UI / UX Aplikasi Moblie Pertolongan Pertama Dengan Metode Prototipe Interaksi Untuk Meningkatkan Respon Darurat. 5(1), 14–23. https://doi.org/10.47065/bulletincsr.v5i1.432
Ayu, T. B., & Wijaya, N. (2023). Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan Prototype Aplikasi Payoprint Berbasis Android. MDP Student Conference, 2(1), 68–75. https://doi.org/10.35957/mdp-sc.v2i1.4065
Destiyana, N., & Defriani, M. (2024). Perancangan UI / UX Aplikasi Penjualan Pada Toko Kue Global Berbasis Mobile Dengan Metode User Journey Map. Merkurius : Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika, 2(5), 180–190.
Dumalang, J. M., Montolalu, C. E. J. ., & Lapihu, D. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Makanan berbasis Mobile pada UMKM di Kota Manado menggunakan metode Design Thinking. Jurnal Ilmiah Informatika dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), 2(2), 41–52. https://doi.org/10.58602/jima-ilkom.v2i2.19
Fajriati, K., & Yoraeni, A. (2023). Perancangan UI/UX Aplikasi Pemesanan Makanan Pada UMKM Family Catering Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 14(2a), 37–42. https://doi.org/10.47927/jikb.v14i2a.539
Firmansyah, R. H., & Amin, F. M. (2024). DESAIN UI / UX WEBSITE RAKIT PC DB KLIK MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. 8(6), 12719–12726.
Garini, N. A., Putra, R. R., Wulandari, H., Pembangunan, U., & Budi, P. (2025). PERANCANGAN UI / UX APLIKASI PERAWATAN KUCING PADA PETSHOP SERBELAWAN MENGGUNAKAN METODE. 4307(1), 596–603.
Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730
Maosul, I. A. (2024). Perancangan Ui/Ux Aplikasi Pencarian Pekerjaan Didamel.Id Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 12(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v12i2.4159
Muhammad, A., Khairul, A., Wulandari, H., Sains, F., Informasi, T., Pembangunan, U., & Budi, P. (2025). Desain UI / UX Aplikasi Pembelajaran Kreativitas Siswa di SD Nanda Al Manaf berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking. 13(Julianti 2024), 2542–2551.
Nisa, C., Shatika, R., Prasetya, A., Rahmadewi, C. D., & Akbar, M. (2024). Perancangan User Interface Pada Aplikasi E-Commers Petshop Happypals Dengan Metode Desain Thinking. 3(September), 57–69.
Pakar, S., Penyakit, D., Menggunakan, K., & Factor, C. (2023). Sistem Informasi Pengelolaan Kegiatan Desa Dengan Desain UI&UX Sebagai Transparasi Di Desa Pertumbukan Kecamatan Wampu. 8(1), 36–43.
Putra, R. R., & Putri, N. A. (2023). Perancangan Ui & Ux Pada Website Kelompok Tani Yang Responsive Terhadap Mobile. Penerbit Tahta Media. http://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/155%0Ahttps://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/download/155/156
Putri, C. E., S, Y. A., & Efendi, I. (2024). Rancangan Aplikasi Marketplace UMKM Ayam Kremes Sambal Embe Bali Di Kota Padang Menggunakan Aplikasi Blogger. 02(02), 222–227.
Qirani, A. P., Dellia, P., Laili, I. I., Cahyani, S. P., Rizqiullah, N., & Zahrial, A. (2024). Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Makanan Berbasis Mobile Menggunakan Aplikasi FIGMA. Jurnal Media Informatika [Jumin], 5(2), 189–195.
Tasril, V., J. Prayoga, J. P., & Jayusman, S. F. (2022). User Interface Dan Uji Usability Menggunakan Pendekatan Human- Centered Design Untuk Sistem Akuntansi Pendataan Kas Berbasis Web. Warta Dharmawangsa, 16(3), 371–382. https://doi.org/10.46576/wdw.v16i3.2232
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Reza Wahyudi, Randi Rian Putra, Sri Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.