Perancangan Website Promosi Pariwisata Berbasis Wordpress Di Kabupaten Banggai Kepulauan

Authors

  • Al Fajri Bakade Universitas Teknologi Digital Indonesia
  • Edi Iskandar Universitas Teknologi Digital Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31539/intecoms.v8i3.15248

Abstract

Potensi wisata di Banggai Kepulauan sangat mumpuni, namun kurangnya media informasi yang dapat menjadi sarana promosi berakibat pada rendahnya wisatawan. Tujuan penelitian ini mengatasi permasalah yang ada di Banggai Kepulauan dengan membuat website dengan salah satu Conten Management System (CMS) yaitu Wordpress. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dengan tahapan-tahapan yang terdiri atas, analisis kebutuhan, desain website, implementasi sistem, review, pelaporan. Uji Black Box sebagai sarana pengujian dalam penelitian ini. Website promosi parawisata ini berfokus pada pemberian informasi mengenai wisata-wisata yang ada di Banggai Kepulauan sehingga mempermudah para wisatawan untuk menentukan destinasi wisatanya. Hasil penelitian ini berupa website promosi parawisata yang dapat digunakan untuk mempermudah perjalana wisatawan.

References

ADMINLP2M. (2022). Metode Waterfall – Definisi dan Tahap-tahap Pelaksanaannya.

Ansari, M. (2025). WordPress market share: how many websites use WordPress in 2025?

Fadli, A., & Wolo, P. (2023). Optimalisasi Web Desa pada Penyajian Informasi Publik Kepada Masyarakat Desa. RENATA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua, 1(1), 11–14. https://doi.org/10.61124/1.renata.3

Ikhbaluddin, P. :, Pemerintahan, I., & Negeri, D. (2020). STRATEGI PEMERINTAH KOTA TASIKMALAYA DALAM MENERAPKAN TEKNOLOGI INFORMASI PEMERINTAHAN UNTUK MENINGKATKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 2(2), 41–57. http://ejournal.ipdn.ac.id/JTKP,

Maruanaya, C. A., Jati, D., & Ayu, P. (2024). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Website dan E-Brochure di Kampung Wisata Edukatif Warungboto D.I. Yogyakarta. Journal of Research on Business and Tourism, 4(2), 142–149. https://doi.org/10.37535/104004220245

Prabawa Kusuma, G., Kurniati, A. P., Atastina, I., Maharani, W., Ervina, E., Gunadi, G. A., Afazillah Wijaya, Y., Brahmantio Purwanto, Z., Zacky, M., & Giffari, A. (2023). IMPLEMENTASI WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESA WISATA KEMAWI (Vol. 6).

Rochman, A., Hanafri, M., & Wandira, A. (2020). Implementasi Website Profil SMK Kartini Sebagai Media Promosi dan Informasi Berbasis Open Source. AJCSR [Academic Journal of Computer Science Research], 2(1).

Septiansyah, A., Hasanah, S., Nita Permatasari, V., & Yuliawati, A. (2024). SISTEM INFORMASI OTOMATISASI PELAPORAN DATA PENJUALAN TOKO BUKU NAZWA YANG MASUK DAN YANG KELUAR. https://doi.org/10.37817/ikraith-informatika.v8i1

Taufan, M. A., Rusdianto, D. S., & Ananta, M. T. (2022). Pengembangan Sistem Otomatisasi Use Case Diagram berdasarkan Skenario Sistem menggunakan Metode POS Tagger Stanford NLP (Vol. 6, Issue 8). http://j-ptiik.ub.ac.id

Widyanaputri, I. A. M., Utami, N. W., & Dewi, P. A. C. (2024). Digitalisasi Desa Wisata untuk Optimalisasi Promosi Pariwisata dan Budaya di Desa Batuan Kabupaten Gianyar. AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 366–374. https://doi.org/10.59431/ajad.v4i2.348

Downloads

Published

2025-05-20