KONSEP PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF SYARIAH: PRINSIP DAN IMPLEMENTASI DALAM PRAKTIK BISNIS MODERN
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.15294Keywords:
Pemasaran Syariah, Keberlanjutan, Kejujuran, Loyalitas KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan konsep pemasaran syariah dalam praktik bisnis modern, dengan fokus pada prinsip keadilan, keberlanjutan, dan kepuasan bersama. Metode yang digunakan adalah kajian literatur terkait dengan karakteristik pemasaran syariah dan studi kasus pada industri halal serta sektor keuangan syariah. Langkah yang dilakukan dalam analisis literatur adalah sebagai berikut; pertama, menentukan fokus penelitian, mencari literatur yang relevan, mengumpulkan dan memilah literatur, analisis literatur, menyusun kajian literatur termasuk sintesis informasi, mengintegrasikan kajian dalam penelitian, dan memastikan validitas dan sitasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip-prinsip syariah, seperti transparansi, kejujuran, dan keadilan dalam distribusi keuntungan, memiliki dampak positif terhadap keputusan pembelian konsumen. Pemasaran syariah juga mendorong perusahaan untuk berinovasi dengan mempertimbangkan keberlanjutan sosial dan lingkungan. Namun, tantangan utama dalam implementasinya adalah perbedaan regulasi di pasar global dan persaingan dengan pemasaran konvensional. Simpulan penelitian ini mengindikasikan bahwa penerapan pemasaran syariah dapat meningkatkan loyalitas konsumen dan menciptakan ekosistem bisnis yang lebih adil dan berkelanjutan. Implikasi temuan ini menunjukkan bahwa perusahaan perlu menyesuaikan praktik pemasaran mereka dengan prinsip-prinsip syariah untuk memperoleh keuntungan jangka panjang dalam pasar global.
References
[1] Kamilawati, A., Syaputra, A., Wn, R. A., & Malik, A. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PT. ILMU INSPIRASI INDONESIA DALAM MEMPERLUAS PASAR DI INDONESIA. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(6), 10049-10060.
[2] Kristin, O. V., Harmen, H., Indriani, R., Alfahmi, F., & Sebastian, A. (2024). Analisis Dampak Sertifikasi Labelisasi Halal terhadap Perkembangan UMKM di Bangkalan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(3).
[3] Wiratmuko, B., Masrokan, P., & Sujianto, A. E. (2023). Implementasi Competitive Strength, Competitive Area, Competitive Result dalam Peningkatan Daya Saing dan Pemasaran Jasa Pendidikan Islam. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 3(2), 247-266.
[4] Rifaldi, M., Hartati, S., & Vajriansyah, M. A. (2025). Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Brand Awareness di Era E-Commerce. Jurnal Riset Manajemen dan Ekonomi (JRIME), 3(1), 58-65.
[5] Wafiq, M. A. F., & Sisdianto, E. (2024). Etika Bisnis Sebagai Pilar Tanggung Jawab Lingkungan Dan Sosial Di Era Modern. Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 209-222.
[6] Aisyah, S. F. (2024). Etika Bisnis Islam: Implementasi Prinsip Keadilan Dan Tanggung Jawab Dalam Ekonomi Syariah. El-Iqthisady: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 49-61.
[7] Hamid, A., & Zubair, M. K. (2019). Implementasi etika Islam dalam pemasaran produk bank syariah. BALANCA, 16-34.
[8] Marpaung, S. F., Azizi, A. R., Hasibuan, L. H., Padang, R., & Andriani, S. (2023). Prinsip-Prinsip Etika Manajemen Bisnis Di Dalam Prespektif Islam. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7870-7880.
[9] Ashari, D., & Panorama, M. (2024). Etika Bisnis Dalam Ekonomi Mikro Islam. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 2(2), 271-284.
[10] Hamka, M., Sa'diyah, M., & Agusman, A. (2024). Prinsip Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan pada Manajemen Mutu Terpadu dalam Perspektif Islam: The Principle of Maintaining Good Relationships with Customers in Total Quality Management from an Islamic Perspective. DIRASAH: Jurnal Kajian Islam, 1(2), 132-146.
[11] Saputri, O. B. (2020). Pemetaan potensi indonesia sebagai pusat industri halal dunia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5(2).
[12] Saleh, M., Kamaruzzaman, K., & Desky, H. (2022). Pengembangan Wisata Islami: Strategi Pemasaran Wisata Halal di Bumi Syariah. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 6(2), 1221-1238.
[13] Adinugroho, M., Efendi, M. N., Nasrulloh, N., & Zuhdi, U. (2024). Mengoptimalkan Peran Perbankan Syariah Dalam Mendukung Wisata Halal di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(1), 96-105.
[14] Afdhal, A., Fakhrurozi, M., Syamsurizal, S., Zulfikri, R. R., Mursal, M., Jauhari, B., ... & Saidy, E. N. (2024). Sistem Ekonomi Islam. Yayasan Tri Edukasi Ilmiah.
[15] Najwatunnissa, F. (2025). Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penjualan Pakaian Di Toko Matahari. Jurnal Kajian Hukum Dan Kebijakan Publik| E-ISSN: 3031-8882, 2(2), 768-776.
[16] Umar, U. Y. (2024). Strategi Bauran Pemasaran 9P dan Customer Centrism Terhadap Peningkatan Jamaah Perspektif Pemasaran Syariah (Studi pada Travel Haji dan Umrah di Ajatappareng) (Doctoral dissertation, IAIN Pare pare).
[17] Qoornie, Z. W. A. (2023). Implementasi Sustainable Marketing Enterprise (SME) dalam Persaingan Industri Produk Herbal Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada CV. Agradaya Indonesia) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
[18] Sain, M., & Bahri, S. (2024). Ekonomi Islam sebagai Landasan Fundamental dalam Praktik Bisnis Online Era Digital. El-kahfi| Journal of Islamic Economics, 5(02), 203-218.
[19] Amelia, A. P., & Nahidloh, S. (2024). Praktik Jual Beli Paksaan di Objek Wisata Religi Batu Ampar Pamekasan Madura Studi Analisis Maqosid Syariah. Jurnal Mediasas: Media Ilmu Syari'ah dan Ahwal Al-Syakhsiyyah, 7(2), 560-573.
[20] Darussalam, A. Z., Tajang, A. D., Sofyan, A. S., & Trimulato, T. (2020). Konsep Etika Bisnis Islami dalam Kitab Sahih Bukhari dan Muslim. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 116-128.
[21] Ritonga, M. J., & Syahrial, M. (2025). Etika Bisnis Dalam Perspektif Hadits: Konsep Kejujuran Dan Keadilan Dalam Transaksi. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 3(4), 118-126.
[22] Ilham, M. A., & Arafah, M. (2024). Analisis Perlindungan Hak Konsumen Pada Transaksi Jual Beli Online Di Masa Kini Ditinjau Dalam Perspektif Islam (Studi pada Pengguna Online Shop di Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone). Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 8(9).
[23] Sofyan, A., Fatwa, M. N., Wardana, M. I., & Sandari, T. E. (2025). PERAN ETIKA BISNIS DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN KONSUMEN: STUDI KASUS PENGUSAHA SEKTOR MAKANAN DAN KONSUMEN DI SURABAYA. Musytari: Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 13(9), 21-30.
[24] Madalina, R., Anggraini, R., Azriani, S., & Sartika, W. (2024). ETIKA PERSAINGAN BISNIS DALAM BINGKAI PERSAUDARAAN EKONOMI: KAJIAN TAFSIR DAN HADIS. Musytari: Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 9(2), 131-140.
[25] Rachman, N. A., Tobroni, T., & Muthohirin, N. (2023). Implementasi Konsep Humanisme Religius dalam Pembelajaran Akidah Akhlak. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 305-325.
[26] Maulana, M., Alwi, Z., Sakka, A. R., & Galib, M. (2024). Dropshipping dalam Perspektif Hadis: Antara Gharar, Khiyar, dan Akad Wakalah. Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis, 8(2), 61-72.
[27] Pudyaningtyas, E., Amrullah, A. A., Su’eb, M., & Chasanah, U. (2024). Analisis Implementasi Prinsip Ekonomi Islam Pada Bisnis Ritel Syariah Di Sakinah Mart Joyoboyo Medaeng Sidoarjo. Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 473-491.
[28] Sudanto, S. (2019). Pelarangan riba dan bunga dalam sistem hukum kontrak syariah. TERAJU: Jurnal Syariah Dan Hukum, 1(02), 89-104.
[29] Putri, H. (2024). Strategi Pemasaran Perumahan Pada Bukit Anugrah Karajae Terhadap Volume Penjualan (Analisis Pemasaran Syariah) (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syamsilasmi Saleh, Minhayati Saleh, Ahmad Mardalis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.