STRATEGI MENU ENGINEERING DALAM RANGKA MAKSIMALISASI PROFIT DAN MENCIPTAKAN KEPUASAN TAMU DI @HOM HOTEL KUDUS BY HORIZON

Authors

  • Ahmad Muthohar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia, STIEPARI Semarang
  • Haniek Listyorini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia, STIEPARI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.14948

Keywords:

Rekayasa Menu, Keuntungan, Popularitas, Kepuasan Konsumen, Restoran.

Abstract

Sebagai sebuah industri yang dinamis dan kompetitif, bisnis restoran membutuhkan strategi rekayasa menu untuk dapat berkompetisi sebagai bisnis yang menguntungkan dan memuaskan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis klasifikasi item menu restoran hotel yang ditawarkan pada tamu dengan mempertimbangkan faktor popularitas dan tingkat keuntungan, beserta strategi yang diperlukan untuk mengevaluasi keberlanjutan menu. Penelitian dilakukan dengan pendekatan metode kuantiatif dan kualitatif. Data kuantiatif diperoleh secara studi dokumentasi dari laporan manajemen hotel dan data kualitatif diperoleh dengan wawancara mendalam terhadap manajemen tentang strategi keberlanjutan item menu dalam rangka berkontribusi pada keuntungan dan kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukan terdapat 3 menu berkategori star yang popular dan menguntungkan, 4 item menu kategori plowhorse yang popular namun tidak menguntungkan, kemudaian 8 kategori Puzzle yang tidak popular namun memberikan keuntungan dan 11 kategori menu Dog yang tidak popular dan tidak menguntungkan. Untuk itu diperlukan strategi terhadap keberlanjutan item menu pada restoran, yaitu strategi peningkatan popularitas menu, strategi peningkatan kentungan dan kepuasan konsumen.

References

Bisnis Berbasis Menu Engineering Di Kambing Soon Resto and Cafe Bandung. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 1(1). https://doi.org/10.30813/fame.v1i1.1326

Atmaja, I. N. P. S., Pambudi, B., & Wardana, M. A. (2023). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Berbasis Menu Engineering Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Restoran. PARIS (Jurnal Pariwisata Dan Bisnis), 02(5), 1206–1224.

Boto-García, D., Demydyuk, G. V., & Carlbäck, M. (2024). What explains profit inefficiency in the restaurant industry? Evidence from Sweden. Tourism Economics, December. https://doi.org/10.1177/13548166241305694

Chua, B. L., Karim, S., Lee, S., & Han, H. (2020). Customer restaurant choice: an empirical analysis of restaurant types and eating-out occasions. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(17), 1–23. https://doi.org/10.3390/ijerph17176276

Filimonau, V., & Krivcova, M. (2017). Restaurant menu design and more responsible consumer food choice: An exploratory study of managerial perceptions. Journal of Cleaner Production, 143, 516–527. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2016.12.080

Hanafiah, S. M. (2022). Penerapan Metode Rekayasa Menu (Menu Engineering) Untuk Menentukan Klasifikasi Menu Item Pada Sejalan Coffehouse Kabupaten solok. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Hayes, D. K., Hayes, J. D., & Hayes, P. A. (2022). Revenue Management for The Hospitality Industry. John Wiley Sons.Inc.

Jenkins, W. (2015). Marketing Strategies for Profitability in Small Independent Restaurants. Walden University.

Kasavana, M. L., & Donald, I. (1982). A Practical Guide to Menu Analysis. Hospitality Publication Inc: Miami.

Koval, L., Turski, I., Kolomiiets, O., Komarnitskyi, I., & Chaika, T. (2021). New Opportunities for Restaurant Business Development Based on Computer Modeling of Consumer Preferences. Estudios de Economia Aplicada, 39(3). https://doi.org/10.25115/eea.v39i3.4714

Lai, H. B. J., Abidin, M. R. Z., Hasni, M. Z., Ab Karim, M. S., & Adibah Che Ishak, F. (2021). Key Activities of Menu Management and Analysis Performed by SME Restaurants in Malaysia. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(4). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i4/9184

McVetty, P. J., Ware, B. J., & Levésque Ware, C. (2009). Fundamentals of Menu Planning. In John Wiley & Sons, Inc.

Raab, C., Mayer, K., Kim, Y. S., & Shoemaker, S. (2009). Price-sensitivity measurement: A tool for restaurant menu pricing. Journal of Hospitality and Tourism Research, 33(1), 93–105. https://doi.org/10.1177/1096348008329659

Susila, B. P. E., & Nugraha, S. (2021). Menu Engineering Sebagai Strategi Penetapan Produk Makanan Dalam Menghadapi Tatanan Kehidupan Baru Di Kori Restaurant & Bar Kuta - Bali. Journal of Applied Management and Accounting Science, 3(1), 14–27. https://doi.org/10.51713/jamas.v3i1.45

Susilawati, Lubis, A. L., Amalia, E., & Gunawan, A. A. (2024). Penerapan Sistem Menu Engineering Dalam Upaya Mengklasifikasikan Menu Pada Solusi Coffee & Resto Kota Batam. Open Journal System, 19(04), 4291–4302.

Tumpuan, A. (2021). Penerapan Sistem Menu Engineering Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Menu di Restoran Bintan Inti Executive Village Clubhouse. Jurnal Pariwisata Terapan, 5(1), 60. https://doi.org/10.22146/jpt.66724

Downloads

Published

2025-05-21