ANALISIS STRATEGI PEMASARAN USAHA SVARGA COFFEE
DOI:
https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.14774Keywords:
Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Svarga Coffee.Abstract
Indonesia merupakan produsen kopi terbesar keempat di dunia setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Berkat kualitas dan cita rasa yang unggul, kopi jenis robusta dan arabika merupakan jenis kopi yang menjadi komoditas ekspor utama indonesia dengan nilai tertinggi serta menjadi kopi utama yang dibudidayakan di Indonesia. Produk kopi terus berkembang demikian juga pada minuman kopi, banyak inovasi minuman kopi. Svarga Coffee merupakan usaha kopi baru di Solo yang menyediakan inovasi kopi jamu. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat melalui identifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam analisis SWOT guna meningkatkan penjualan Svarga Coffee. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui observasi dan menggunakan metode analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukan kekuatan produk ada pada keunikan menu dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Di sisi lain, ketahanan produk dan distribusi yang masih terbatas menjadi kelemahan dari produk kopi. Dengan meningkatnya tren kesehatan di masyarakat dan sedikitnya coffeeshop yang menyediakan menu kopi jamu menjadi peluang produk Svarga Coffee, namun ketergantungan pada bahan baku lokal merupakan ancaman utama. Hasilnya ditemukan beberapa upaya strategi pemasaran yaitu melakukan inovasi produk mengikuti selera konsumen dan meningkatkan pelayanan yang lebih baik pada usaha Svarga Coffee.
References
Aini, Y. A. N., & Noor, T. I. (2022). Strategi Pemasaran Usaha Kedai Kopi Dalam Menghadapi Situasi Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada The Celcius Coffee, Cianjur). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 9(3), 1021–1033.
Amalia, N. R., Yulianti, F., & Abdul Kadir. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Cafe Bree Sweetandfreeze Banjarmasin (Menggunakan Analisis SWOT). Jurnal Rimba : Riset Ilmu Manajemen Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 41–48. https://doi.org/10.61132/rimba.v1i3.85
Aprilyanti, S., Suryani, F., Andalia, W., Pratiwi, I., & Basuki, M. (2022). Penyuluhan Potensi Ekonomis Ekstrak Lengkuas Sebagai Bahan Campuran Kopi di Desa Sukamulya Kecamatan Sematang Borang Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 143–147. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.420
Cahayanik, M. N., Pangiuk, A., & Subhan, M. (2023). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Coffe Di Ghona Coffe Kota Jambi. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 3(3), 78–93. https://doi.org/10.55606/jurima.v3i3.2441
Dewi, N. W. D. K., & Utama, M. S. (2022). Pengaruh Luas Lahan, Produksi, Dan Harga Terhadap Volume Ekspor Kopi Indonesia. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 11(9), 3417. https://doi.org/10.24843/eep.2022.v11.i09.p04
Efendy, L. A. surya, Lapian, J., & Soepeno, D. (2022). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Nomad Coffee Shop. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2), 135. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.39537
Febryanto, M. A., & Nurhayati, S. F. (2024). Analisis Swot dalam Penentuan Strategi Pemasaran Briket Arang UKM Javabara di Kabupaten Karanganyar 2023. Determinasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 36–46.
Harun, S. (2022). Analisis Produksi Kopi di Indonesia Tahun 2015-2020 Menggunakan Metode Cobb-Douglass. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 102–109.
Lubis, R. A., & Rahmani, N. A. B. (2023). Pengaruh Nilai Tukar Rupiah, Harga Kopi Internasional Terhadap Nilai Ekspor Kopi Indonesia Dengan Inflasi Sebagai Variabel Intervening Periode 2002-2021. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 135–152. https://doi.org/10.26740/jepk.v11n2.p135-152
Nasution, S. P., Supriana, T., Iskandarini, & Wibowo, R. P. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Kopi Indonesia di Pasar Amerika Serikat. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Pertanian Uns Dalam Rangka Dies Natalis Ke-47 Uns Tahun 2023, 7(1), 705–712.
Ningsih, N. K., Pertiwi, R. D. Y., Suryani, M. P., Ningsih, A. K., & Arisetyawan, A. K. (2024). Pengembangan Inovasi Produk, Marketing Strategy, dan Rebranding Plan UMKM Warung Moro Wareg, Kabupaten Kediri. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 20(2), 68–76. https://doi.org/10.31940/jbk.v20i2.68-76
Pramesti, H. G., & Nurhayati, S. F. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Usaha Mau Tahu Banget. … : Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen Dan …, 2(2), 56–65. https://jsr.lib.ums.ac.id/index.php/determinasi/article/view/228%0Ahttps://jsr.lib.ums.ac.id/index.php/determinasi/article/download/228/219
Puspita, R. I., Desfaryani, R., Fitriani, F., & Handayani, S. (2023). STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN KOPI (Studi Kasus Pada CV. AKL Coffee Kabupaten Lampung Barat). Jurnal Ilmiah Mahasiswa AGROINFO GALUH, 10(3), 2109. https://doi.org/10.25157/jimag.v10i3.11588
Setiawan, D., Mandey, S. L., & Jorie, R. J. (2022). Strategi Pemasaran Pada Cafe Van Ommen Coffee Shop Manado: Analisis SWOT. Jurnal EMBA, 10(1), 1740–1748. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/39613/36204
Sulistiyo, D., Kusnaman, D., & Wijayanti, I. K. E. (2023). Analisis Daya Saing Ekspor Kopi Indonesia Di Pasar Dunia (the Competitiveness Analysis of Indonesian Coffee Export in the World Market). Januari, 9(1), 1177–1185.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Azmarani Amelia Kinanthi, Siti Fatimah Nurhayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.