ANALISIS PENGUKURAN KINERJA PERUSAHAAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (BSC) DI CV. XYZ

Authors

  • Salsabila Aulia Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ismu Kusumanto Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Suherman Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nazaruddin Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Muhammad Nur Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.31539/costing.v8i3.14016

Keywords:

Balanced Scorecard, Kinerja Karyawan, Kepuasan Pelanggan, Target Produksi

Abstract

  1. XYZ merupakan suatu usaha yang bergerak dibidang konveksi. Produk yang diproduksi yaitu seragam sekolah mulai dari seragam TK, SD, SMP, SMA, pesanan seragam berupa seragam olahraga. Pemilik CV. XYZ lebih terfokus kepada bidang eksternal perusahaan, sehingga karyawan dari CV. XYZ sendiri tidak disiplin dalam bekerja, seperti sering datang terlambat,bahkan ada karyawan tidak hadir dan tidak tercatat dalam absensi sepanjang hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah balanced scorecard ini bertujuan agar meningkatkan kinerja karyawan, memaksimalkan pendapatan, memenuhi target produksi, mendorong pertumbuhan perusahaan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan Balanced Scorecard, total skor sasaran strategis tersebut adalah 63,73%. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kinerja perusahaan masih dalam kategori sedang dan perlu ditingkatkan. guna mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan

References

Adhan, A. S., & Sembiring, E. E. (2019). Pengukuran Kinerja Instansi Pemerintah Dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Dinas Kesehatan Kota Bandung). www.lapor.go.id

Anarki, R. R., Suherman, A. M., Pakaya, M. R., Augusto, J., & Rinaldi, D. (2024). Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balance Scorecard (Studi Kasus : Haus Indonesia). 12(1).

Asmaraka, B. W. R., & Khoir, A. (2024). Analisis Pengukuran Kinerja Karyawan Dengan Menggunakan Metode Balance Scorecard Pada CV MITRA RAJAYA Jakarta Selatan. Neraca Manajemen, Ekonomi, 4(5). https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359

Evan, A., Sondakh, J. J., & Pusung, R. J. (2021). Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Diponegoro Palu. In Going Concern : Jurnal Riset Akuntansi (Vol. 16, Issue 3).

Haholongan, R., Sakti, S. H., Diana, A. L., & Yusuf, M. (2022). Pengaruh Key Performance Indicators Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Peralatan Rumah Tangga. Inovasi Penelitian, 2(8).

Khubet, A. F. (2022). Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard Di PT. MGI Gresik. In Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi (Vol. 03, Issue 01).

Ky, A. M., Prayogi, G. A., & Sukmana, A. (2020). Penilaian Kinerja Organisasi Menggunakan Metode Key Performance Indicators (Kpi) (Studi Kasus: Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Widyatama). Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 6(2).

Luayyi, S., Priaji, D. S., & Srikalimah. (2024). Analisis Penilaian Kinerja Perusahaan Pasca Wabah Covid-19 Menggunakan Metode Balance Scorecard Pada Ud. Adiyasa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(8), 929–940. https://doi.org/10.5281/zenodo.11125702

Murdiansyah, I., Wahyuni, N., & Lestari, Y. O. (2020). Analisis Kinerja Berdasarkan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Kantor Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Lumajang). Cendekia Akuntansi, 1(1).

Rotaria, P. S. (2021). Analisis Penerapan Konsep Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan Telekomunikasi Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus: PT. XL AXIATA TBK). Jurnal Ekonomi Efektif, 3(2).

Sabila, T. A., Sunarta, K., & Alipudin, A. (2022). JATAMA: Jurnal Akuntansi Pratama Implementasi Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Pt Unichem Candi Indonesia. https://jatama-feb.unpak.ac.id/index.php/jatama/index

Suwarsi, S., & Perkasa, S. (2022). Pengukuran Kinerja Organisasi Dengan Metode Balanced Scorecard Dalam Rangka Penyusunan Strategi Pelayanan Kesehatan Kepada Massyarakat (Studi kasus pada RSUD Cimacan Cianjur). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi, 11.

Downloads

Published

2025-05-25